4 Tips Kesehatan Dan Gizi Yang Sebenarnya Berbasis Bukti

May 16, 2022
admin

Bakrabata.com – Sangat mudah untuk bingung dalam hal kesehatan dan nutrisi. Bahkan ahli yang berkualitas sering tampaknya memegang pendapat yang berlawanan, yang dapat membuat sulit untuk mencari tahu apa yang sebenarnya harus Anda lakukan untuk mengoptimalkan kesehatan Anda.

Namun, terlepas dari semua ketidaksepakatan, sejumlah tips kesehatan didukung dengan baik oleh penelitian.

Batasi minuman manis

Minuman manis seperti soda, jus buah, dan teh manis adalah sumber utama gula tambahan dalam makanan Amerika(1).

Sayangnya, temuan dari beberapa penelitian menunjukkan minuman manis meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2, bahkan pada orang yang tidak membawa kelebihan lemak tubuh (2).

Minuman manis juga unik berbahaya bagi anak-anak, karena mereka dapat berkontribusi tidak hanya untuk obesitas pada anak-anak tetapi juga untuk kondisi yang biasanya tidak berkembang sampai dewasa, seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit hati berlemak non-alkohol (3trusted Source, 4trusted Source, 5trusted Source).

Baca juga:

Alternatif yang lebih sehat meliputi:

  • air
  • teh tanpa pemanis
  • air soda
  • kopi

Makan kacang dan biji

Beberapa orang menghindari kacang karena mereka tinggi lemak. Namun, kacang-kacangan dan biji-bijian sangat bergizi. Mereka dikemas dengan protein, serat, dan berbagai vitamin dan mineral (6Trusted Source, 7trusted Source).

Kacang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung (8trusted Source).

Selain itu, satu studi observasional besar mencatat bahwa asupan kacang-kacangan dan biji-bijian yang rendah berpotensi dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung, stroke, atau diabetes tipe 2 (9).

Hindari makanan ultra-olahan

Makanan Ultra-olahan adalah makanan yang mengandung bahan-bahan yang dimodifikasi secara signifikan dari bentuk aslinya. Mereka sering mengandung aditif seperti tambahan gula, minyak yang sangat halus, garam, pengawet, pemanis buatan, warna, dan rasa juga (10Trusted Source).

Contohnya termasuk:

  • kue camilan
  • makanan cepat saji
  • makanan beku
  • makanan kaleng
  • keripik

Makanan Ultra-olahan sangat enak, artinya mereka mudah dimakan berlebihan, dan mengaktifkan daerah terkait hadiah di otak, yang dapat menyebabkan konsumsi kalori berlebih dan penambahan berat badan.

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi makanan ultra-olahan dapat berkontribusi terhadap obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi kronis lainnya (11Trusted Source, 12trusted Source, 13trusted Source, 14trusted Source, 15trusted Source).

Selain bahan-bahan berkualitas rendah seperti lemak inflamasi, gula tambahan, dan biji-bijian olahan, mereka biasanya rendah serat, protein, dan zat gizi mikro. Dengan demikian, mereka menyediakan sebagian besar kalori kosong.

Jangan takut kopi

Meskipun ada beberapa kontroversi mengenai hal itu, Kopi sarat dengan manfaat kesehatan.

Ini kaya akan antioksidan, dan beberapa penelitian telah menghubungkan asupan kopi dengan umur panjang dan penurunan risiko diabetes tipe 2, penyakit Parkinson dan Alzheimer, dan banyak penyakit lainnya (16Trusted Source, 17trusted Source, 18trusted Source, 19trusted Source).

Jumlah asupan yang paling bermanfaat tampaknya 3-4 cangkir per hari, meskipun orang hamil harus membatasi atau menghindarinya sepenuhnya karena telah dikaitkan dengan berat badan lahir rendah (18).

Namun, yang terbaik adalah mengonsumsi kopi dan barang-barang berbasis kafein dalam jumlah sedang. Asupan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti insomnia dan jantung berdebar-debar.

Untuk menikmati kopi dengan cara yang aman dan sehat, jaga asupan Anda kurang dari 4 cangkir per hari dan hindari aditif berkalori tinggi dan tinggi gula seperti krimer manis.

Leave a comment