Bagaimana Memulai Investasi Untuk Pemula 2022?

April 27, 2022
admin

Bakrabata.com – Jika Anda ingin belajar bagaimana untuk memulai investasi, kabar baiknya adalah bahwa hal itu lebih mudah daripada kebanyakan orang berpikir. Lihat Panduan Investasi kami untuk pemula dan cari tahu cara mulai menginvestasikan uang sekarang.

Cara terbaik untuk memulai investasi adalah dengan dasar-dasar tentang cara kerja investasi. Pemula tidak memerlukan rencana yang rumit sebelum berinvestasi tetapi cerdas untuk mencakup poin-poin penting, seperti berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk mulai berinvestasi, menemukan jenis investor Anda, mengukur toleransi risiko, dan memilih jenis akun investasi terbaik.

Baca juga:

Bagaimana Cara Kerja Investasi?

Berinvestasi di Pasar Modal berarti membeli dan memegang sekuritas investasi, seperti saham, obligasi, atau reksa dana, yang dapat melebihi inflasi dari waktu ke waktu. Sederhananya, berinvestasi adalah cara untuk membuat uang Anda bekerja sehingga lebih berharga besok daripada hari ini.

Misalnya, ketika seorang investor membeli dan memegang saham, uang mereka dapat tumbuh melalui dividen saham, yang merupakan pembayaran kepada pemegang saham yang dapat datang dalam bentuk saham tambahan, dan melalui apresiasi harga, yang merupakan harga saham yang naik dari waktu ke waktu. Seiring waktu, pengembalian ini memiliki efek peracikan, yang oleh Albert Einstein disebut sebagai keajaiban dunia kedelapan.

Menabung vs. menginvestasikan uang

Menabung dan berinvestasi adalah dua cara untuk menyisihkan uang untuk masa depan; namun, menabung berbeda dengan menginvestasikan uang. Menabung melibatkan menyisihkan uang dalam rekening yang aman dan berbunga rendah untuk penggunaan jangka pendek.

Investasi melibatkan membangun kekayaan untuk tujuan jangka panjang, seperti pensiun, dengan aset yang lebih tidak stabil dan memiliki risiko kerugian yang lebih tinggi tetapi berpotensi untuk pengembalian yang lebih tinggi.

Perdagangan vs. investasi

Ketika membandingkan perdagangan vs investasi, kedua gaya dapat menggunakan beberapa sekuritas investasi yang sama, seperti saham atau dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), tetapi ada perbedaan utama, seperti periode holding, parameter risiko, frekuensi transaksi, dan analisis keamanan.

Kapan mulai berinvestasi

Di AS Anda harus berusia 18 tahun untuk membeli saham melalui akun investasi Anda sendiri tetapi orang dewasa dapat membuka akun kecil untuk anak-anak yang lebih muda. Tetapi usia bukan satu-satunya faktor penentu untuk memutuskan kapan harus mulai berinvestasi. Waktu terbaik untuk memulai investasi adalah ketika Anda siap secara finansial.

Anda mungkin siap untuk mulai berinvestasi jika:

  • Pembayaran utang bulanan Anda kurang dari 20% dari pendapatan bulanan Anda, atau kurang dari 30% jika Anda memiliki hipotek.
  • Tingkat bunga utang Anda kurang dari pengembalian yang diharapkan atas investasi Anda. Misalnya, pengembalian yang wajar ke
  • mengharapkan untuk saham adalah 7-8%. Jadi, jika Anda memiliki saldo kartu kredit sebesar 9% atau lebih tinggi, Anda mungkin ingin melunasinya sebelum berinvestasi.
  • Anda memiliki uang yang disisihkan untuk keadaan darurat.
  • Anda memiliki pemahaman dasar tentang cara kerja investasi.

Berapa banyak yang Anda butuhkan untuk mulai berinvestasi?

Jumlah uang yang Anda butuhkan untuk mulai berinvestasi umumnya tergantung pada jenis akun investasi yang Anda gunakan dan jenis investasi yang ingin Anda beli. Oleh karena itu, jumlah minimum untuk memulai investasi mungkin berkisar dari sesedikit $10 atau sebanyak $3.000 atau lebih.

Misalnya, untuk mulai berinvestasi dalam rencana 401k majikan Anda, Anda biasanya dapat mulai dengan sesedikit 1% dari gaji Anda. Namun, jika Anda mulai berinvestasi dengan reksa dana di akun broker, Anda mungkin memerlukan investasi awal minimum yang biasanya berkisar antara $ 100 hingga $3.000 atau lebih tinggi.

Leave a comment